agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

Puasa Tapi Tidak Shalat, Diterimakah Puasanya? Ini Jawabannya

Diposkan oleh Susan Merah




Seriawan: Saat ini ummat islam tengah melaksanakan ibadah puasa dibulan ramadhan. Ibadah puasa dilaksanakan mulai dari tidak terbit fajar hingga terbenamnya matahari dengan tidak makan dan minum serta meninggalkan segala hal yang membatalkan puasa. Puasa merupakan rukun iman yang ketiga setelah Sholat dan Mengucapkan dua kalimat syahadat. Setiap muslim wajib melaksanakannya. Namun bagaimana jika yang dilaksanakan hanya satu sementara yang lainnya ditinggalkan, seperti meninggalkan shalat saat sedang puasa, karena banyak kita temui dimasyarakat orang melaksanakan puasa namun meninggalkannya sholat yang hukumnya juga wajib yaitu dilaksanakan 5 waktu dalam sehari.  Bagaimana hukumnya menurut islam? yuk cari tau jawabannya dibawah ini yang dikutip dari Owtop.

Seriawan: Setiap muslim wajib melaksanakan shalat. Perintah shalat ini banyak dalam ayat-ayat di Al-quran maupun dalam hadits shahih Nabi Shalallahu 'Alahi wasallam. Saking utamanya shalat bahkan Allah SWT memerintahkan kita untuk tetap melaksanakan shalat dalam segala keadaan, apakah itu saat sedang dalam perjalanan,saat sehat, maupun sakit dan sepanjang hidup kita. Tata caranya pun sudah ditentukan baik dalam Al-quran maupun As-sunnah. Namun tentunya sedikit mirip apabila kita saat sedang melaksanakan puasa malah meninggalkan shalat. Entah itu dengan alasan ketiduran, lemah atau sibuk dan apapun alasannya hal itu SANGAT TIDAK DIBENARKAN.

Seriawan: Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin –rahimahullah– pernah ditanya : Apa hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan shalat? 

Beliau rahimahullah menjawab, “Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan shalat tidaklah diterima karena orang yang meninggalkan shalat adalah kafir dan murtad. 

Dalil bahwa meninggalkan shalat termasuk bentuk kekafiran adalah firman Allah Ta’ala:
”Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama. Dan Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi kaum yang mengetahui.” (QS. At Taubah [9])

Seriawan: Diriwayatkan oleh Bukhari, no. 520, Dari Buraidah radhiallahu anahu berkata, "Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

"Barangsiapa yang meninggalkan shalat Ashar, maka amalannya telah gugur."

Seriawan: Arti ‘Gugur amalannya’ adalah batal dan tidak bermanfaat. Hadits ini menunjukkan bahwa orang yang meninggalkan shalat, Allah tidak menerima amalan darinya. Maka orang yang meninggalkan shalat tidak bermanfaat sedikitpun amalannya. Tidak akan dinaikkan amalannya kepada Allah.

Seriawan: Dari uraian diatas jelas bahwa hukum meniggalkan shalat pada saat puasa adalah berarti puasanya tidak diterima alias percuma. Coba kita renungkan sejenak saja bahwa bulan Ramadhan ini hanya datang sekali dalam setahun, dan kita adalah orang-orang yang sangat beruntung karena masih bisa dan diberi kesempatan untuk bertemu dengan bulan mulia ini. Oleh karena itu mari kita tingkatkan derajat amalan kita dibulan yang penuh rahmat ini, jangan meninggalkan ibadah-ibadah yang wajib dan upayakan memperbanyak juga amalan-amalan sunnah yang utama dilaksanakan dibulan ini seperti shalat tarawih, shalat tahajud, bersedekah, berdakwah, dan lain sebagainya. Semoga ibadah yang dilakukan diterima dan dilipat gandakan pahalanya disisi Allah Azza wa jalla. AAmin.
Allahu'alam bissoaf. . .
Wassalamualaikum .

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA DIBAWAH INI:
  1. OMG,,,Inilah Misteri Ka'bah yang Tidak bisa Terpecahkan Oleh NASA
  2. Reporter Bule Ini Menangis Sejadi-jadinya Setelah Mendengar Azan, Ne FOTO Dan VIDEOnya
  3. Sedang Wisuda di TEXAS,cewek Cantik berhijab Ini Tiba-tiba Meninggal
  4. Subhanallah, Inilah Para pemimpin dunia yang Hafiz 30 Juz
  5. Subhanallah, Inilah masjid tertua Indonesia ,lengkap sama FOTO nya
  6. Ternyata Doa Berbuka Puasa Yang Lazim Digunakan itu SALAH, Ini yang BENARnya

follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 11:02:00 AM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU