agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

Mansa Musa : Orang Islam Terkaya Di Dunia

Diposkan oleh Susan Merah



kekandang  | MasyaAllah,,luar biasa,,ternyata orang terkaya seluruh dunia adalah Orang Islam bernama Mansa Musa yaitu raja MALI ,Owh iya artikel ini asli dari bersumber dari websitenya  MUSMUS  dan artikel ini tidak merubah dari artikel aslinya gan,,dari maksud dan tujuannya,,semoga artikel dari MUSMUS bermanfaat buat semua orang,ok kita lanjutkan lagi ya gan,,Orang terkaya sepanjang masa di muka bumi adalah seorang muslim. Selain kaya, ia juga seorang raja yang dermawan dan rendah hati.

kekandang  | Saat kita mendengar tentang siapa orang paling kaya di dunia, kita sering membayangkan nama nama tenar seperti  Carlos Slim Heu,Bill Gates, atau Warren Buffett. Namun ternyata, para “orang terkaya” tersebut bukan tandingan tokoh muslim kita yang satu ini.Mansa Musa yah itulah nama orang dialah raja Mali pada abad 13-14 an. ia merupakan orang paling kaya diantara orang-orang yang kaya se-dunia bahkan sepanjang sejara. Ia menjadi dikenal di belahan bumi Afrika, Eropa , Asia Tengah dan bahkan dunia. agan tahu kenapa? Yah jelas gan karena kekayaannya dan kemurahan hati sang hartawan.


kekandang  | Sebagai raja kerajaan Afrika Barat yakni Mali, Musa mempunyai kekuasaan di daerah penghasil emas dari Senegal dan Boure. Selama masa kepemimpinannya, pengetahuan dan seni budaya menjadi salah satu yang maju dalam kerajaan-Nya. Musa menjadi terkenal selama berabad-abad tak lain karena kekayaanya yang mencapai Rp.4.000 Triliun juga karena kemurahan hatinya. Jika nilai kekayaan tersebut saat ini di rupiahkan, hampir 4 kali lipat APBN Indonesia.

BAca juga ne gan :

  1. Misteri Masjid Dengan Lubang Menuju ke Mekkah
  2. Mnafaat Besar Membaca Alquran bagi Organ Tubuh
  3. Setelah melihat foto ini apakah kamu masih sombong?
  4. SubhanAllah,Keindahan alam dunia buatan Maha Sang Pencipta

Sedikit yang diketahui mengenai kehidupan awal dari orang yang dikenal sebagai Mansa Musa itu. Istilah mansa yang berarti “raja” atau “tuan”. Sejarawan menceritakan bahwa Musa mewarisi kerajaan Mali dari ayahnya pada sekitar tahun 1307. Bertahun-tahun sebelumnya, kakek Musa, Sundiata, mendirikan kerajaan Mali, tepatnya setelah menaklukkan Kekaisaran Ghana sekitar 1230. Di bawah ayah Musa, Uli, pusat perdagangan, seperti Timbuktu dan Djenn√©, menjadi tempat penting peradaban sekaligus kemajuan budaya.


kekandang  | Mansa musa memperbesar kerajaan Mali menjadi sebuah kekaisaran. Kekaisaran Mali meliputi sebagian besar wilayah Afrika Barat gan. Gambia, Guinea, Mali, Senegal, dan bagian dari Burkina Faso, Maureitania, dan Nigeria juga merupakan wilayahnya. Sebagai raja , Musa menggalakkan pertanian, industri, dan perdagangan hingga benar-benar berkembang. Kekaisaran ini memperoleh sebagian besar kekayaannya melalui kontrol dari rute perdagangan yang melewati wilayah kekuasaannya. Emas dan garam adalah produk yang paling penting dan bergerak di sepanjang rute wilayahnya. Karena kekayaan Kekaisaran Mali sangat banyak, maka raja memerlukan jumlah tentara Mali yang banyak juga, untuk melindungi kerajaan dari serangan kerajaan atau penguasa lainnya bahkan dari pemberontak. Tentara ini juga bertugas memastikan bahwa pedagang aman selama perjalanan mereka melalui tanah kesultanan tersebut.


kekandang  | Musa merupakan seorang Muslim, atau penganut agama Islam. Selama pemerintahannya, ia menjadikan Kekaisaran Mali juga sebagai tempat penyebaran agama Islam sob. Namun demikian, ia tidak memaksa warga untuk menerima agama Islam sebagai agama mereka, intinya keputusan tetap ada di tangan mereka sendiri.

kekandang  | Sebagai penganut agama Islam, jika telah mampu ziarah atau haji ke kota Mekkah maka wajib baginya, termasuk untuk Mansa Musa. Pada 1324, Musa melakukan perjalanan ziarah ke Makkah. Ia membawa kafilah, atau sekelompok wisatawan. Kafilah ini berisi 60.000 orang termasuk 12.000 budak di dalamnya. Semua wisatawan saat itu biasanya menggunakan pakaian yang bagus yakni terbuat dari sutra. Dalam perjalanannya, Musa menunggangi kuda yang dipimpin oleh sekelompok dengan jumlah 500 pekerja yang menunggangi unta.


kekandang  | Musa yang seorang muslim terkaya di dunia pada zamanya itu tidak sombong apa lagi diktator. Umat Islam lainnya memperoleh ketenaran selama perjalanannya. Selama berziarah, Musa tiak hanya mengerjakan ibadah-hajinya, namun juga menyerahkan emas kepada orang-orang yang membutuhkan.Di Mekah, Musa meminta Muslim Abu Ishaq sebagai arsitek-Sahili untuk medesain masjid di kota-kota Mali dari Gao dan Timbuktu. The Sakore masjid di Timbuktu menjadi pusat pembelajaran dimana agama Islam, sejarah, dan hukum dipelajari hingga akhir abad ke 17.

BAca juga ne gan :

  1. FOTO: Bukti Kekuasaan Allah,Keajaiban Alam Sangat Luar Biasa
  2. Fakta Tentang Perempuan Yang Harus Diketahui Oleh Cowok
  3. Fakta Unik Dari Industri Ponsel di Seluruh Dunia
  4. Fakta Unik, Bakteri Ini Bisa Bikin Emas 24 Karat
kekandang  | Musa mengundang banyak penyair masyhur, cendekiawan, dan seniman dari Afrika dan Asia Tengah untuk hidup di Timbuktu.Di bawah pemerintahan Musa, Timbuktu dan Kekaisaran Mali terus berkembang, dan maju hingga mali menjadi salah satu tempat yang penting bagi peradaban dunia, terutama perkembangan dalam dunia pengetahuan dan seni.


kekandang  | Musa mengahiri sejarahnya(meninggal) sekitar 1337. 30 tahun adalah waktu dimana ia memimpin Mali . Setelah kematian sang raja kaya raya itu, anaknya Mansa Maghan menjadi penggantinya di kekaisaran Mali. Pada akhir abad keempat belas, para pemimpin yang lemah mulai kehilangan kekuatan dalam wilayah kekuasaannya, sehingga akhirnya Mali tidak lagi seperti jamannya Mansa Musa.Hemmm Mansa Musa sebetulnya selain raja dengan kekayaan melimpah bahkan dinobatkan sebagai orang paling kaya sepanjang sejarah itu, ia juga seorang dermawan dan juga dikenal sebagai pemimpin yang ramah dan mendahulukan kepentingan umum alias rakyatnya. Lalu bagaimana dengan sahabat musmus nih, ada cerita tentang orang kaya atau terkaya selain Mansa Musa?

BAca juga ne gan :

  1. Inilah 10 Tanda Kiamat Sudah Dekat
  2. Inilah Batu asli dari surga,,FULL FOTO
  3. Inilah Kumpulan Kalimat Cinta Para Ulama
  4. Inilah Masjid yang Dibangun Oleh Makhluk Ghaib
  5. Inilah Pedang Nabi Muhammad SAW yang Terkenal Al Battar

follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 12:04:00 AM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU