agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

WARNING: Memanggil "Abi" dan "Ummi" Terhadap Pasangan Ternyata Hukumnya HARAM

Diposkan oleh Susan Merah




kekandang | Perlu kita ketahui juga,, ada beberapa kasus yang sering kita dengar,, mungkin tidak asing bagi telinga kita mendengarnya,, seperti memanggil pasangan yaitu Ayah bunda, papa mama dan Abi dan Umi,, sebenarnya dalam Islam memanggil abi dan Umi itu HAram,,kok bisa haram? berikut penjelasannya yang dikutip dari MEMOBEE ,, cekidot,,,

kekandang | Panggilan atau memanggil dalam Islam dianjurkan memanggil dengan penuh kehormatan, kasih sayang dan kelembutan. Membiasakan diri memanggil pasangan dengan panggilan sayang merupakan hal yang lumrah dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena beliau selalu memanggil istrinya dengan memakai panggilan ya humairaa yang artinya “sayangku”. Selain memberikan rasa senang pada pasangan, memanggil pasangan dengan panggilan sayang tentu akan membuat perasaan cinta dan kasih sayang semakin melekat dan utuh.

kekandang | Zaman sekarang ini banyak macam panggilan sayang yang kita gunakan untuk pasangan. Panggilan seperti “honey”, “hubby”, atau “cinta” merupakan yang paling sering digunakan oleh pasangan suami istri di Indonesia saat ini.




kekandang | Selain panggilan diatas, ada juga yang populer yang biasanya digunakan oleh pasangan suami istri muslim, yakni panggilan “Abi” dan “Ummi”. Maksud dan tujuannya memang baik, namun jika kita tidak memahami maknanya secara utuh, hal tersebut bisa menjadi fatal dan haram.Dalam kitab Ar-Raudhatul Murbi’ Syarah Zadul Mustaqni’ juz 3/195, dijelaskan tentang hal memanggil pasangan “Dan dibenci memanggil salah satu di antara pasangan suami istri dengan panggilan khusus yang ada hubungannya dengan mahram, seperti istri memanggil suaminya dengan panggilan ‘Abi’ (ayahku) dan suami memanggil istrinya dengan panggilan ‘Ummi’ (ibuku).”

Nah bagaimana, sudah terlanjur terbiasa memanggil dengan panggilan yang diharamkan?



kekandang | Wajib diketahui juga bahwa ada hadits yang meriwayatkan tentang tata cara memanggil kepada pasangan.


Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dengan sanadnya dari Abu Tamimah Al-Juhaimi, “Ada seorang laki-laki yang berkata kepada istrinya, ‘Wahai Ukhti!’ Lalu Rasulullah SAW berkata, ‘Apakah istrimu itu saudarimu?’ Lalu beliau membencinya dan melarangnya.” (HR. Abu Daud: 1889).

Memang hadits di ini disebut sebagai hadits “dhaif”. Karena sanadnya ada yang putus.



kekandang | Namun meskipun belum ada dalil yang tegas tentang larangan memanggil dengan kata “abi” dan“ummi” pada pasangan, sebaiknya kita menghindari pemakaian panggilan tersebut, karena khawatir kita berada dalam hal yang tidak sepantasnya kita lakukan.




kekandang | Kita mendapati bahwa banyak pasangan yang menggunakan panggilan yang entah mereka paham atau tidak dan terkhusus dalam rumah-tangga orang Islam yang juga banyak kita jumpai panggilan yang dilarang tersebut, maka saat inilah kita harus belajar dengan seutuhnya tentang panggilannya tersebut agar kita terhindar dari pemakaian panggilan yang diharamkan tadi.

Baca juga artikel keren dibawah ini :
  1. Kenapa kita selalu mengucapkan "AAMIN" setelah surah al-fatihah? ini jawabnya
  2. Mansa Musa : Orang Islam Terkaya Di Dunia
  3. Masjid Sebagai Tempat Ibadah Dan Fungsi Sosial
  4. Masya Allah, Setelah Berabad-abad, Mukjizat Tongkat Nabi MUsa AS ini Terbukti [FOTO]

follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 6:06:00 AM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU