agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

Ternyata Begini Kebiasaan Baginda Nabi Rasulullah S.A.W Saat di Rumah

Diposkan oleh Unknown


Sebelum kits melanjutkan artikel ini ada baiknya kita memberi shalawat Buat Baginda Nabi Muhammad SAW


Seperti yang kita ketahui seri tauladan dari Baginda sangatlah diPuji dari hal kecil hingga hal besar,, hampir setiap kegiatan Beliau saat Sempurna,, termasuk kesehatan Beliau,, dan sekarang kita membahas tentang kehidupan Baginda sehari-hari dirumah  seperti yang dilansirkan dalam situsnya ISLAMPOS RUMAH seseorang adalah gambaran keluhuran akhlaknya. Karena rumah adalah tempat di mana ia bisa melakukan apa pun yang disenanginya. Marilah kita melihat sejenak bagaimana aktivitas Rasulullah di dalam rumahnya selaku pemimpin dan panutan umat yang memiliki kedudukan yang mulia.

“Aisyah pernah ditanya, ‘Apakah yang dilakukan oleh Rasulullah di dalam rumah?’ ia menjawab, ‘Beliau adalah seorang manusia biasa. Beliau menambal pakaiannya sendiri, memerah sapi dan melayani diri beliau sendiri’.” (HR. Ahmad)

Demikianlah contoh sikap tawadhu dan rendah hatinya beliau. Beliau tidak pernah memberatkan orang lain dalam hal apa pun. Beliau turut mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Seorang hamba Allah yang telah dimuliakan, namun tidak segan untuk melakukan hal itu.

Dari rumah yang penuh berkah itulah memancar cahaya Islam. Beliau sendiri seringkali tidak mendapatkan makanan yang dapat mengganjal perut. An-Numan bin Basyir menuturkan kepada kita tentang keadaan Rasulullah,

“Aku telah menyaksikan sendiri keadaan Rasulullah Saw, dalam keadaan tidak mendapatkan kurma yang jelek sekali pun yang dapat mengganjal perutnya,” (HR. Muslim)

Aisyah r.a. menuturkan,

“Kami, keluarga Muhammad, tidak pernah menyalakan tungku masak selama sebulan penuh, makanan kami hanyalah kurma dan air.” (HR. Bukhari)

Tidak ada satu perkara pun yang melalaikan Rasulullah dari beribadah dan taat kepada Allah. Ketika adzan telah berkumandang, beliau akan segera bangkit menuju masjid dan meninggakan segala pekerjaannya.



Diriwayatkan dari al-Aswad bin Yazid, ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada Aisyah, ‘Apakah yang biasa Rasulullah lakukan di dalam rumah?’ Aisyah menjawab, ‘Beliau biasa membantu keluarga, apabila beliau mendengar seruan adzan, maka beliau segera keluar (untuk menunaikan shalat).” (HR. Muslim)

Tidak ada satu riwayat pun yang menjelaskan bahwa beliau shalat di rumah, kecuali ketika sakit demam yang sangat parah hingga mengantarkan beliau bertemu dengan Allah.

Di samping sikap beliau yang lemah lembut dan penuh kasih sayang, namun beliau sangat marah terhadap orang yang meninggalkan shalat fardhu berjamaah (di masjid). Beliau bersabda,

“Sungguh betapa ingin aku memerintahkan muadzin mengumandangkan adzan lalu iqamat, kemudian aku memerintahkan seseorang untuk mengimami shalat lalu aku berangkat bersama beberapa orang yang membawa beberapa ikat kayu bakar menuju kaum yang tidak menghadiri shalat jamaah, untuk membakar rumah-rumah mereka.” (HR. Muttafaq alaih).


 Baca juga ne gan artikel agama keren lainnya :

follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 10:09:00 AM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU