agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

Subhanallah,, Ditemukan Al-qur'an Berumur Ratusan Tahun dibali

Diposkan oleh Susan Merah


Seperti yang dikutip dalam situs wikipedia Al-Qur'an (ejaan KBBI: Alquran, Arab: القرآن) adalah kitab suci agama Islam. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur'an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia dan bagian dari rukun iman yang disampaikan kepada Nabi Muhammad S.A.W melalui perantaraan Malaikat Jibril; dan wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad adalah sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-'Alaq ayat 1-5.. dan baru-baru ini Sebuah Al-Quran dari zaman ratusan tahun lalu ternyata masih tersimpan rapi di Bali. Setahun sekali Al-Quran itu diarak keliling kampung dalam tradisi megelicikan di Kampung Bugis, Serangan, Denpasar.

Seperti yang dilansirkan daam situs DREAM Tokoh masyarakat Kampung Bugis Serangan, Muhadi menuturkan, Al-Quran yang kini tersimpan di rumahnya tersebut merupakan warisan leluhur dari Kerajaan Bugis yang pertama kali mendiami tanah Bali.

"Dulunya Al-Quran itu disimpan di Masjid As-Syuhada kampung sini. Begitu kita tahu jika Al-Quran ini merupakan peninggalan leluhur, maka tidak lagi ditaruh di masjid," kata Muhadi saat ditemui di rumahnya, Minggu 25 Oktober 2015.

Ia menjelaskan, warga setempat sempat berinisiatif membawa Al-Quran tersebut ke Masjid Istiqlal Jakarta. Saat itu, masjid terbesar di Tanah Air itu memang tengah menggelar pameran sekaligus membantu meneliti Al-Quran kuno.

"Jadi, dari hasil penelitian tersebut didapati jika Al-Quran ini merupakan peninggalan dari abad ke-17," kata dia.

Al-Quran tersebut, kata Muhadi, ditulis menggunakan tangan, bukan mesin cetakan seperti saat ini. "Kertasnya diterawang juga berserat. Itu sudah diakui jika ini Al-Quran peninggalan abad ke-17," katanya.

Sayang, Muhadi sendiri tak mengetahui persis siapa pembuat Al-Quran tersebut. Muhadi juga tak tahu kapan Al-Quran tersebut berada di Kampung Bugis Serangan. Hanya saja, suatu ketika ia didatangi utusan dari Kerajaan Bugis.

"Utusannya seorang perempuan. Dia mencari keturunan Raja Bugis yang diperkirakan berada di Bali," jelasnya.

Menurut Muhadi, utusan Kerajaan Bugis bercerita jika anak raja kala itu memutuskan pergi merantau. Keduanya dibekali Al-Quran sama persis. "Satu orang anak raja itu sudah ditemukan keberadaannya di tanah Papua," jelas Muhadi.Lantas, utusan Kerajaan Bugis itu diajak oleh Muhadi untuk melihat makam leluhur warga Bugis di Kampung Serangan. Utusan tadi terperanjat. Bentuk, ukuran dan ornamen kuburan di Kampung Bugis sama persis dengan yang dilihatnya di tanah Papua.

"Lalu saya tunjukkan Al-Quran ini. Lagi-lagi dia terperanjat karena sama persis dengan yang dilihatnya di Papua," ucapnya.

Lalu, utusan Kerajaan Bugis tersebut meminta warga untuk merawat Al-Quran yang diyakini peninggalan anak Raja Bugis tersebut.

Kini, tiap sembilan hari setelah satu Muharram saban tahunnya Al-Quran itu diarak keliling kampung. Pengarakan Al-Quran itu juga merupakan tradisi turun temurun warga Kampung Bugis Serangan.

"Al-Quran ini kita simpan rapi, dan kita keluarkan tiap megelicikan Al-Quran saja," demikian kata Muhadi.

Semoga dengan ini,,mudah-mudahan warga Bali Makin semangat untuk membaca al-qur'an dan jangan lupa baca juga artikel dibawah ini:
  1. Akhirnya Ilmuwan Jerman Temukan Bukti Adanya Kehidupan Setelah Kematian
  2. Akhirnya Terungkap,,Inilah Manusia Paling Terkaya Sedunia : Nabi Sulaiman AS
  3. Apakah Kamu Sering Meninggalkan Sholat Asar? Maka Ini Yang Akan Terjadi....
  4. Astagrifullah,Orang Israel Ini Membakar Bakar Bayi Palestina, Ini Fotonya
  5. Begini ceritanya ketika Malaikat Maut Mencabut Nyawa Iblis Laknatullah,SERAM
  6. Bolehkah Kita Berkumur dan Menggosok Gigi Saat Puasa? Ini Jawabannya gan
  7. CEK GAN, Apa yang Salah pada Foto Sholat Pasangan Pengantin Ini Hingga Dihujat Abis-abisan [FOTO]
  8. Cek gan,Jika Kamu mempunyai 8 Tanda-tanda ini,Berarti Kamu Sudah Dekat Dengan AJAL
  9. Ditemukan Gigi Budha,Ini Fotonya
  10. EDAN,,Di Mesir Orang azan Shubuh ‘Salat itu lebih baik daripada Facebook’
dan artikel ini bisa kamu temui di :
alquran kuno,sejarah al quran kuno singaraja,alquran kuno ditemukan,alquran kuno india,alquran kuno di dunia,al quran kuno tulisan tangan,alquran kuno peninggalan kerajaan buleleng,al quran kuno peninggalan kerajaan hindu bali,jual alquran kuno,kolektor alquran kuno,al qur an kuno


follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 12:04:00 AM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU