agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

Jokowi Perlu Belajar Nih, Ini Cara Jitu Habibie Normalkan Dollar dari Rp.16000 Menjadi Rp.6000 [KEREN]

Diposkan oleh Susan Merah


KEKANDANG: Seperti yang kita ketahui bersama-sama, saat ini nilai mata uang Indonesia yaitu rupiah sedang anjlok-anjloknya terhadap dolar Amerika. Menurut analisa pemerintah hal ini terjadi karena banyak hal. Tidak cuma Indonesia, banyak juga negara Di dunia di Eropa contohnya yaitu negara Yunani yang malah mengalami krisis ekonomi. Di benua Asia sendiri banyak juga negara yang anjlok mata uangnya salah satunya yang paling anjlok yaitu ringgit Malaysia. Sedang Rupiah sendiri saat ini menembus angka Rp. 14000 terhadap 1 USD.

Hal ini tentu memberi dampak bagi perekonomian Indonesia terutama bagi dunia usaha. Namun Indonesia ternyata pernah sampai pada titik paling anjlok yaitu pada saat krisis moneter tahun 1998. Lalu bagaimana angka rupiah bisa kembali naik setelah jatuh pada angka 16800 pada saat itu menjadi 6000? yuk ikuti pemaparannya yang dikutip dari  PKSPiyungan. CEKIDOT. . .

Sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menduduki kursi kepresidenan, nilai tukar rupiah terus mengalami penurunan. Sejak ditutup Senin (24/8) lalu, kurs rupiah menyentuh angka Rp 14.000 terhadap USD 1. Angka ini mendekati melemahnya rupiah saat krisis moneter menerjang Indonesia pada 1998 lalu. Pada Januari 1998, rupiah sempat bernilai Rp 14.800 per USD 1, dan paling parah pernah terjadi pada Juni 1998, di mana USD 1 senilai Rp 16.800.

Namun, angka rupiah pada era tersebut mampu dikendalikan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Habibie berhasil menekan dolar dari enam belasan ribu hingga berada di Rp 6.500 jelang akhir masa pemerintahannya.

Habibie yang diangkat menjadi presiden setelah Soeharto memutuskan mundur dari jabatannya berusaha keras agar rupiah tak terus melemah. Berbagai cara dia lakukan agar rupiah kembali menguat dengan segala cara.


Selain mengalami tekanan dari dalam negeri, Habibie juga harus berhadapan dengan intervensi ekonomi yang dipaksakan International Monetary Fund (IMF). Lembaga moneter ini memaksa Indonesia agar menghapus kebijakan subsidi, terutama BBM dan TDL. Namun, hal itu ditolak Habibie.

Ketika itu, Habibie mempertahankan agar harga BBM bersubsidi agar tetap terjangkau oleh rakyat yang terpuruk akibat krisis. Harga Premium saat itu dipatok Rp 1.000, dan Solar Rp 550. Keputusan ini mendapatkan kritik tajam dari IMF.

Habibie saat itu mengeluarkan sejumlah kebijakan guna memperkuat perekonomian nasional. Langkah pertamanya adalah melakukan restrukturisasi dan rekapitulasi perbankan dengan membentuk BPPN dan unit Pengelola Aset Negara, kemudian dilanjutkan dengan melikuidasi beberapa bank bermasalah.

Dia juga membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri, dan mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF. Untuk mendukung seluruh kebijakannya, dia mengesahkan UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan yang Tidak Sehat dan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Menurut Analis Millenium Penata Futures, Suluh Adil Wicaksono, upaya ini cukup berhasil karena Habibie tidak menganut sistem pasar bebas hingga membuat dolar berhasil ditekan.
"Kalau pemerintahan Presiden Habibie Rp 12.000 per dolar, mau dipatok Rp 8.000 per dolar. Jadi enggak menganut pasar bebas seperti negara-negara Amerika Latin, berhasil ditekan suku bunga di kisaran 10 persen," ujar dia, dalam wawancara dengan merdeka.com, Kamis (11/6) lalu.

Upaya ini ternyata sukses membuat rupiah terus menguat terhadap dolar. Saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban di hadapan MPR, nilai rupiah saat itu berada di level Rp 6.500, suatu pencapaian yang belum bisa diikuti oleh presiden setelahnya.

Bagaimana dengan Presiden Jokowi? Semoga pak Jokowi bisa belajar dari presiden kita terdahulu dan punya trik yang lebih dahsyat agar nilaig tukar rupiah kita kembali normal seperti sedia kala, dan sebagai rakyat mari kita dukung dan selalu awasi kebijakan beliau. MERDEKA.

BACA JUGA YUK ARTIKEL MENARIK LAINNYA DIBAWAH INI:
  1. Akhirnya Lukisan Misteri Da Vinci Di Temukan Balik Tembok,cekidot
  2. Akhirnya Terungkapnya Misteri "Sungai Amazon " Di Planet Mars
  3. Alamak,,Ibu Ini Minta Suntik KB Eh Malah diberi Vaksin Flu,,Jadi gini deh anaknya,,CACAT Total
  4. Amerika Berguru dari pasukan katak kita,Malay ngacir gan
  5. Anaknya Tewas Kegilas sama Mobil Saat Ibunya Lagi Asik Nelpon,,Ini Fotonya - New !! 
  6. GEGER! Di Amerika Produk Tol*k Angin Sdo Munc*l Ini DiklaimMenyebabkan Kanker? [FOTO]
  7. GEGER! Foto Syahrini dan Mulan Jameela Kompakan Menjulur Lidah, Siapa yang Lebih Cantik? [FOTO]
  8. GEGER! Ternyata Orang China Minum Air Kencingnya Setiap Hari Agar Bisa Panjang Umur [FOTO]
  9. GEGER,,Direstoran ini Daging manusia DIjadikan Menu Utama Dengan Harga Rp.45000 - New !!
  10. GEGER,,Presiden Jokowi Berencana Minta Maaf pada Keluarga PKI

follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 3:19:00 PM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU