agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

MIRIS! Inilah Tamparan NASA Bagi Orang Indonesia: Pulau Sampah Raksasa Ini Salah Indonesia

Diposkan oleh Susan Merah


KEKANDANG: Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan semakin menurun. Terutama di negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia. Kita lihat saja dari hal yang paling dekat dengan kita dahulu, yaitu sampah. Tanpa kita sadari, berapa banyak sampah yang kita buang tiap harinya di lingkungan sekitar kita? Namun, yang lebih patut  kita pertanyakan yaitu, “apa sampah-sampah itu telah diurus?”. Diurus dalam kalimat ini memiliki arti yaitu bukan berarti dihias dan diberi pewangi agar bau tidak enaknya hilang. Namun, dapat diartikan seperti mengurangi atau diolah khususnya sampah-sampah


Masalah sampah semakin hari semakin meningkat terus sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, tingkat aktivitas, pola kehidupan, tingkat social ekonomi, serta kemajuan teknologi. Untuk itu penanganan masalah ini perlu dikelola dengan baik dan penuh tanggung jawab agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan terhadap tanah, air, sehingga hasil pengelolaan sampah tersebut bermanfaat bagi  kehidupan dan kesehatan masyarakat.

Seperti dilansir dari MERDEKA, Jika Anda bertanya kemana sampah-sampah plastik berakhir, jawabannya mungkin bukan tempat pembuangan akhir atau pusat daur ulang, tetapi lautan. Untuk membuktikannya, NASA baru-baru ini merilis sebuah animasi singkat yang menunjukkan sampah di lautan dunia.

Dari animasi itu, terlihat bila sampah menumpuk di lima bagian samudra terbesar di Bumi, yakni samudra Hindia, Pasifik (utara dan selatan), dan Atlantik (utara dan selatan). Semua sampah itu terbawa arus hingga membentuk pulau-pulau sampah raksasa.

Data NASA juga menunjukkan bila per tahunnya ada sekitar 8 juta ton sampah yang sebagian besar adalah plastik berakhir di lautan. Celakanya, mayoritas sampah-sampah itu berasal dari negara-negara di Asia, yakni China, Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka.

China bahkan dilaporkan bertanggung jawab atas 2,4 juta ton sampah plastik, hampir 28 persen dari total sampah plastik yang dibuang oleh penduduk Bumi. Apabila semua sampah itu berhasil dijaring, setiap 30 kaki garis pantai Bumi bisa diisi oleh lima kantung besar tas berisi sampah. Tidak mengherankan bila saat ini sampah-sampah itu membentuk pulau sampah di sekitar Amerika, Kepulauan Karibia, Cile, Brasil, dan Australia.


Selain membahayakan lingkungan, sampah-sampah tersebut sangat mematikan bagi hewan liar. Banyak kura-kura di sekitar pulau-pulau sampah itu yang memakan kantung plastik karena mengiranya sebagai ubur-ubur. Bahkan, sekitar 90 persen burung laut yang mati di kawasan itu di perutnya ditemukan plastik di perutnya.

Nah setelah membaca artikel ini mari sama-sama kita merubah pola hidup kita terutama terkait dengan keseharian kita dalam mengeluarkan sampah. Upayakan untuk meminimalisir penggunaan plastik-plastik yang memicu penumpukan sampah serta mari budayakan memanfaatkan kembali sampah yang masih bisa digunakan untuk dijadikan barang-barang yang layak dipakai seperti kerajinan tangan dan lain sebagainya. Jangan lupa Baca Juga Yuk Artikel Lainnya dibawah ini:

  1. Inilah perbedaan antara es Batu Air Mentah dan Es Batu dari Air Matang
  2. Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Kita
  3. MasyaAllah,,Inilah Dahsyatnya Rahim Seorang Ibu Buat Kita
  4. NGERI,,Digigit Laba-laba Langka, Lengan Pria Ini berubah seperti KADAL dan BERBULU
  5. Pesan ADMIN,,Kalau Ga kuat JANGAN BUKA,Lehernya 'MENGGANTUNG' dan Tak Bisa Tegak
  6. SERAM..Tidak Banyak Manusia yang Tau Kalau Cacing INI Ternyata Hidup di Kulit Wajahnya [FOTO]
  7. SEREM! Ada Sesuatu yang Menjijikkan Didalam Minuman Kemasan Kotak, Coba Cek Gan!
  8. AWAS,Inilah Makanan-Makanan yang Membuat Kita Jadi BODOH
  9. Alamak,,Ibu Ini Minta Suntik KB Eh Malah diberi Vaksin Flu,,Jadi gini deh anaknya,,CACAT Total
  10. Aneh,,,Gigi Tumbuh di dalam Hidung,ini foto nya
  11. BAHAYA TIDUR SAMBIL DENGERIN MUSIK,Ini akibatnya
  12. BERANI LIAT,, INILAH EFEK DIGIGIT NYAMUK ,,EXTREME BANGET
  13. BERANI LIHAT ??Tumornya Tumbuh Di lubang Tindikan,,MENGERIKAN
  14. BERIKUT JENIS MAKANAN PENGHILANG STRESS YANG PERLU DI KONSUMSI

follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 5:05:00 PM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU