agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

Inilah Amalan Dengan Pahala Besar di Malam Jumat yang Sering Dilalaikan oleh Muslim Indonesia

Diposkan oleh Unknown


KEKANDANG: Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Ta’ala. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan para sahabatnya.

Hari Jumat adalah hari yang mulia, dan kaum muslimin di seluruh penjuru dunia memuliakannya. Keutamaan yang besar tersebut menuntut umat Islam untuk mempelajari petunjuk Rasulullah dan sahabatnya, bagaimana seharusnya msenyambut hari tersebut agar amal kita tidak sia-sia dan mendapatkan pahala dari Allah ta’ala.

Adapun Bukti kemuliaannya, Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut. Dan juga ada beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada malam dan siang harinya, khususnya pelaksanaan shalat Jum’at berikut amal-amal yang mengiringinya. Berikut ini beberapa adab yang harus diperhatikan bagi setiap muslim yang ingin menghidupkan syariat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Jumat yang pada kesempatan ini yang dibahas tentang keutamaan membaca surat Al-Kahfi diimalam jumat.

Seperti dilansir dari Rumasyho, Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini ketika malam Jum’at atau hari Jum’at tiba, yaitu membaca surat Al Kahfi. Atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini. Padahal membaca surat Al Kahfi adalah suatu yang dianjurkan (mustahab) di hari Jum’at karena pahala yang begitu besar sebagaimana berita yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kebanyakan umat islam terutama umat islam indonesia lebih mengutamakan membaca surat Yasin pada malam jumat. Tentu tidak salah sama sekali membaca Surat Yasin pada malam jumat, namun alangkah lebih baik lagi kita membaca Surat Al-kahfi karena langsung ada anjurannya dari Nabi Shalallahu'alaihi wasallam dan sebagai bukti kita melestarikan dan melaksanakan sunnah Beliau Shalallahu'alaihiwasallam. 

Terdapat banyak hadits shahih dari Nabi Shalallahu'alaihiwasallam yang berbicara tentang keutamaan dan keuntungan yang akan didapat apabila seorang muslim membaca surat al-kahfi pada malam jumat. Hadits-hadits yang membicarakan hal ini kami bawakan sebagian pada posting yang singkat ini. Semoga bermanfaat.

Hadits pertama:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Inilah salah satu amalan di hari Jum’at dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya. Akankah kita melewatkan begitu saja ? Semoga Allah selalu memberikan kita ilmu yang bermanfaat dan dimudahkan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

BACA JUGA YUK ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA DIBAWAH INI:
  1. MUSLIM WAJIB TAU: Ternyata Hukum Mendegarkan Musik/ Nyanyian HARAM
  2. Mansa Musa : Orang Islam Terkaya Di Dunia
  3. Masya Allah, Dalam Al-qur'an Pertama Ini Masih ada Bercak Darah Usman bin Affan RA
  4. Masya Allah, Setelah Berabad-abad, Mukjizat Tongkat Nabi MUsa AS ini Terbukti [FOTO]
  5. Masya Allah, Setelah Dikubur 1400 Tahun yang Lalu Jasad Sahabat Nabi SAW Ini Masih Segar [FOTO]
  6. Masya Allah: Ternyata Inilah rahasia dibalik Urutan Jari pada Tangan Manusia
  7. MasyaAllah, Inilah Keajaiban Kota Mekkah Saat Dilihat dari Angkasa..LUAR BIASA, Ini Fotonya
  8. MasyaAllah,,Inilah Dahsyatnya Rahim Seorang Ibu Buat Kita
  9. MasyaAllah,,Inilah Kedahsyatan KunFayakun
  10. MasyaAllah,,Muslim Wajib Lihat,,Masjid ini Pernah di Sholati 70 Para Nabi

 Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Ta’ala. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam, keluarga dan para sahabatnya.
Hari Jum’at merupakan hari yang mulia. Bukti kemuliaannya, Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut. Dan juga ada beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada malam dan siang harinya, khususnya pelaksanaan shalat Jum’at berikut amal-amal yang mengiringinya.
- See more at: http://www.arrahmah.com/kajian-islam/keutamaan-membaca-surat-al-kahfi-pada-malam-dan-hari-jumat.html#sthash.JhFnJXV4.dpuf

follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 6:25:00 PM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU