agama (128) aneh (291) Fakta (587) kesehatan (97) lucu (72) tips (124) unik (210)

Muslim Masuk: inilah Tempat yang Katanya Adalah Makam "Ibu" dari Seluruh Umat Manusia, Siti Hawa [FOTO]

Diposkan oleh Susan Merah


 ilustrasi

KEKANDANG: Tak lama lagi umat islam di dunia akan melaksanakan ibadah haji yang merupakan salah satu rukun islam di Kota mekkah dan Madinah. Biasanya pada saat ibadah haji atau umrah, jamaah akan diajak berkunjung dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah dan suci bagi umat islam. Salah satu tempat yang sering dikunjungi biasanya adalah makam para nabi dan rasul serta keluarga mereka. Salah satu yang sering dikunjungi oleh jamaan haji adalah makam siti Hawa di Kota Jeddah.

Siti Hawa merupakan istri dari Manusia pertama yang diciptakan Oleh Allah SWT dan manusia pertama yang menginjakkan kakinya ke bumi setelah dikeluarkan dari surga. Bisa dikatakan bahwa Siti Hawa adalah Ibu dari Seluruh Umat manusia. Semoga kebaikan selalu dilimpahkan kepada Nabi dan AS dan Siti Hawa dan juga kepada seluruh umat manusia. Aamin ya robbal'alamin.

Seperti dilansir dari DREAM, Memang belum ada kepastian tentang tempat peristirahatan terakhir istri Nabi Adam AS tersebut. Namun, sebagian besar penduduk sekitar dan nyaris setiap jamaah yang berziarah mempercayai bahwa makam Siti Hawa benar ada di Jeddah.



Makam Siti Hawa berada dekat dengan Masjid Qisas dan kawasan perbelanjaan Balad yang sering didatangi jamaah haji. Dari ujung selatan Jalan Madinah Al Munawarah, Anda tinggal berbelok ke kiri ke arah Jalan Al Matar.

Telusuri Jalan Al Matar sampai menemukan belokan pertama ke kanan, ke Jalan Makkah Al Mukaramah. Tidak jauh dari ujung jalan Makkah Al Mukaramah terdapat belokan ke Jalan Mawkib Al Iman. Di sanalah letak makam Siti Hawa.

Pemakaman ini sekarang menjadi pemakaman umum bagi masyarakat Jeddah. Tempat yang disebut makam Siti Hawa itu berbentuk bangunan biasa tanpa atap hanya dikelilingi dengan tembok setinggi 3 meter dan dilapisi dengan marmer.

Luas tempat tersebut sekitar 3 kali luas lapangan bola. Di depan gerbang masuknya terdapat tulisan Maqbarah Hawwa yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Makam Hawa'. Jamaah yang datang umumnya penasaran terhadap isi dari bangunan yang dikelilingi tembok besar itu. Terlebih lagi, beberapa cerita penduduk setempat mengatakan bahwa perempuan dilarang masuk ke makam dengan alasan bid'ah. Namun tidak dijelaskan bid'ah seperti apa.

Saat memasuki area makam, akan terlihat hamparan padang luas tanpa rerumputan hijau di atasnya. Tidak ada gundukan tanah atau batu nisan yang menunjukkan makam Siti Hawa. Yang ada hanya tanah yang dibagi ke dalam blok-blok dengan ukuran 1x1 meter dan jalur-jalur panjang makam yang dihinggapi merpati-merpati jinak.

Di lorong masuk terpampang doa dan adab berziarah ke makam. Lalu terdapat pula tempat pemandian jenazah, mushola dan toilet. Bahkan para penjaga sendiri pun tak mengetahui secara jelas di mana letak makam Siti Hawa. Setiap pengunjung yang datang hanya akan diarahkan untuk langsung berdoa.

Hingga kini belum dapat dipastikan apakah makam Hawa benar terdapat di area ini. Namun beberapa catatan sejarah mengatakan, penamaan Kota Jeddah diambil dari kata Jaddah yang berarti 'nenek'. Ini menunjukkan bahwa Siti Hawa merupakan 'nenek moyang' manusia yang diturunkan di Jeddah. Karena itulah mereka meyakini makam wanita pertama di bumi itu juga pasti berada di Jeddah.

Meski masih banyak diragukan, di Maqbarah Hawwa ada salah satu makam yang memiliki ukuran sangat panjang, yakni 5 meter. Para peziarah mempercayai ini sebagai makam Siti Hawa.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA DIBAWAH INI:
  1. Nauzubillah,,Inilah 8 Perbuatan Wanita yang Dilaknat Allah SWT
  2. Parah,,Cewek Cabe-cabean Berjilbab ini Menindik Lidahnya Ampe Berdarah,,Ne Orangnya
  3. Puasa Tapi Tidak Shalat, Diterimakah Puasanya? Ini Jawabannya
  4. Puasa tapi Tidak Menutup Aurat, Puasanya Diterima gak ya? Ini Jawabannya
  5. Serem,Inilah Tragedi Pembunuhan yang Diakibatkan Oleh Setan,FOTO
  6. Setelah melihat foto ini apakah kamu masih sombong?
  7. SubhanAllah,Keindahan alam dunia buatan Maha Sang Pencipta
  8. Ternyata Begini Kebiasaan Baginda Nabi Rasulullah S.A.W Saat di Rumah
  9. Ternyata Dari Sinilah Sumber Air Bah di Kisah Nabi Nuh AS
  10. Ternyata Masjid Bawah Tanah Ini ada di Indonesia
  11. Trik Bisnis Sukses Ala Rasulullah SAW
  12. UDAH TAU BELUM : Inilah 4 Nabi yang masih Hidup Sampai Hari Kiamat
 
follow Fans FB KEKANDANG .:. KLIK DISINI.:.
Follow twitter KEKANDANG .:.KLIK DISINI.:.

susan merah -
KEKANDANG Updated at : 4:35:00 PM

{ 0 komentar... or add one}


Post a Comment

ARTIKEL TERBARU